http://www.abenetwork.com/usahaarma

Saturday, January 19, 2013

Pemeriksaan Troponin T

Pemeriksaan Troponin T



thailabonline.com
           


           Troponin T (TnT) merupakan suatu protein struktural dari serabut otot serat melintang, terdapat  pada filamen tipis dan merupakan bagian dari "contractile apparatus”. Lokasinya intraseluler dan Ditemukan pada otot jantung  dan  otot skelet, namun asam aminonya berbeda.

        Troponin T jantung pada keadaan normal tidak ditemukan dalam sirkulasi darah, tetapi dapat ditemukan sebanyak 6% dalam bentuk bebas pada sitoplasma miosit jantung dan sisanya dalam bentuk ikatan pada kompleks troponin . Troponin T spesifik untuk jantung.

          Troponin T kardiak merupakan suatu petanda serologik  yang dapat digunakan sebagai alat diagnostik untuk menentukan kerusakan miokard. Ditemukan 100%  meningkat pada penderita Infark miokard akut yang didiagnosis sesuai kriteria WHO. Troponin T akan terditeksi dalam darah 4-8 jam setelah pasien merasakan  nyeri dada dan bertahan selama 1-2 minggu sehingga mempunyai sensitifitas yang tinggi dalam mendeteksi  Infark miokard akut

cardiac reader
       Manfaat pemeriksaan ini adalah untuk mendiagnosa AMI ( Accut myocardial infarct ). Pemeriksaan ini sebaiknya  disertai dengan pemeriksaan CK, CKMB dan LDH serta pemeriksaan fisik seperti  EKG. Apabila dalam pemeriksaan pertama tidak ada peningkatan Troponin maka pemeriksaan perlu diulang 6-12 jam kemudian untuk memastikan pasien terkena AMI atau tidak.



Roche Cobas H 232 Kit
Roche Cobas H 232 Kit
Add caption

  Pemeriksaan TroponinT  biasanya dilakukan dengan Cardiac Reader atau Cobas 232 nilai normalnya juga berbeda ( Cardiac Rrader = << 0,1 ng/dl Cobas 232 = < < 50 mg / L).sampel yang digunakan adalah darah heparin sebanyk 150 ml dengan setabilitas 3 jam pada suhu kamar. lama pemeriksaan adalah 15 menit.

Sumber Kesalahan dalam Pemeriksaan

  • Sampel yang digunakan tidak sesuai
  •  Terlalu lama menunda pemeriksaan
  • Strip yang digunakan sudah rusak atau kadaluarsa
  • Alat tidak terkontrol
  • Salah pembacaan hasil

 Sumber


No comments: